0


Penjelasan Lengkap Tentang Cara Kerja Sistem Komputer - Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaang berupa sebuah informasi.

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut.

Pada artikel ini akan saya jelaskan cara kerja dari sistem komputer tersebut. Mulai dari data dimasukan, diproses, sampai data tersebut dicetak, ditampilkan, dan dikeluarkan kembali. Baca lebih lanjut jika Anda ingin tahu bagaimana caranya sebuah data diproses hingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Penjelasan Lengkap Tentang Cara Kerja Sistem Komputer

1. Pemasukan (Input)

Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. baca juga perangkat input dan fungsinya Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses.


2. Pemrosesan (Process)

Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

3. Pengeluaran (Output)

Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll.

4. Penyimpanan (Storage)

Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut. baca juga cara daftar wifi id gratis
Pada gambar terlihat dua anak panah yang saling berlawanan arahnya, ini menunjukan bahwa data dapat disimpan dan diambil kembali jika dibutuhkan untuk keperluan pengolahan data.

Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki ujungnya. Terbukti, dari informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi.

Dikirim pada 16 Oktober 2015 di Komputer


Berdasarkan catatan whois ARIN & APNIC, protokol Internet (IP) perdana dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) diregistrasikan oleh Kampus Indonesia terhadap 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, & Onno W. Purbo ialah sekian banyak nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia kepada thn 1992 sampai 1994. Masing-masing personal sudah mengontribusikan keahlian & dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah internet.

Tulisan-tulisan berkaitan keberadaan jaringan Internet di Indonesia bakal diliat di sekian banyak artikel di alat cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan computer budget murah memakai radio"[1] di bln Nopember 1990. Serta sekian banyak artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB kepada th 1989.
Internet Service Provider Indonesia

Di kurang lebih th 1994 sejak mulai beroperasi IndoNet yg dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet adalah ISP komersial perdana Indonesia. Terhadap dikala itu pihak POSTEL belum mengetahui berkenaan celah-celah business Internet dan masihlah sedikit sekali kastemer Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan memakai dial-up oleh IndoNet, suatu langkah yg lumayan nekat kemungkinan. Ruang IndoNet masihlah di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya merupakan dosen UI. Akses awal di IndoNet pertama memanfaatkan mode teks dgn shell account, browser lynx & email client pine juga chatting bersama conference kepada server AIX. Thn 1995, pemerintah Indonesia lewat Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin utk ISP yg diberikan terhadap IndoNet yg dipimpin oleh Sanjaya & Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Mulai Sejak 1995 sekian banyak BBS di Indonesia seperti Clarissa sediakan jasa akses Telnet keluar negara. Bersama menggunakan remote browser Lynx di AS, sehingga pemakai Internet di Indonesia dapat akses Internet (HTTP

Baca juga Manfaat internet secara umum, terakhir yg butuh diperhitungkan yaitu trend ke arah e-commerce & warung internet yg satu dan yang lain saling meringankan menghasilkan penduduk Indonesia yg lebih solid di dunia kabar. Teman-teman e-commerce membangun komunitasnya di sekian banyak mailing daftar mutlak seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id dan i2bc@egroups.com.

Dikirim pada 07 Oktober 2015 di Komputer


dah terhadap tau Wifi id kan gan? yg di kota tentu semuanya udah pada tau.. yg belum tau silakan di baca-baca dahulu di sini indonesiawifi.com.

Terhadap awal kehadiran wifi.id lalu, yg kebetulan kantor ane salah satu anaknya Telkom menjadi dapet duluan nih wifi id sebelum seperti kini di tempatkan di area umum. Dahulu akses wifi.id bebas penggunaan dikarenakan kemungkinan masihlah promo. Lumayan bersama memanfaatkan No. telkomsel registrasi ke *303*601# sanggup akses sepuasnya (sekarang ini pake telkomsel gratisnya betar kemudian suruh bayar).

selanjutnya wifi.id beralih husus konsumen speedy mampu login memanfaatkan ID pelanggan/user account speedy & passwordnya memanfaatkan nomer telephone. Bagi kastemer speedy dapat akses sepuasnya.

Waktu Ini akses wifi.id mesti login memanfaatkan Telkom ID, berikut langkah-langkah menciptakan telkom ID :

Agan mesti punya/berlangganan SPEEDY, sebab yg sanggup diperlukan buat list wifi.id merupakan ID Pelanggan/Nomor Rek. speedy.
Utk list Telkom ID memakai Speedy, agan mesti terkoneksi bersama jaringan Speedy yg bakal agan daftarkan di Telkom ID factor ini menyangkut bersama proses verifikasi Telkom ID nya.

Sampel :
Si Andi pelanggan speedy di rumahnya, si andi cuma akan list telkom id di jaringan internet yg ada di rumahnya. Menjadi kalau si andi ini mendaftarkan id pelanggan speedy dirinya di rumah orang lain ga dapat sanggup.


Dikirim pada 07 Oktober 2015 di Komputer
Awal « 1 » Akhir


connect with ABATASA